Distributor Besi dan Baja Surabaya
Berita

Apa Saja Fungsi Kawat Bronjong? Ketahui agar tidak salah beli!

Pernah bingung membedakan kawat bronjong dengan kawat lainnya? Atau belum menentukan distributor kawat bronjong berkualitas untuk proyek pembangunan Anda? Yuk, simak pembahasan berikut ini tentang fungsi kawat bronjong.

Memilih material besi untuk konstruksi bangunan memang susah-susag gampang, ya. Selain harus mengetahui karakteristik dasar besi, pembeli juga harus paham terkait jenis besi serta ukuran besi yang ingin digunakan sebagai bahan bangunan. Jika dalam pemilihannya saja sudah salah, bisa jadi hal tersebut akan berdampak besar pada kualitas gedung atau bangunan yang dihasilkan. Tapi, tak perlu lama larut dalam kebingungan. Kali ini, kami akan membahas tentang fungsi kawat bronjong dan ukurannya untuk menambah pengetahuan Anda terkait kawat berkualitas.

Kawat Bronjong

Kawat bronjong adalah material bangunan yang berbentuk anyaman kawat dan telah dilapisi oleh zinc heavy galvanized dan dililit ganda (double twist) yang membentuk lubang segi enam (hexagonal).  Karena telah dilapisi oleh galvanis, kawat bronjong tidak mudah mengalami korosi.

Dalam dunia material bangunan, kawat bronjong juga disebut dengan kawat gabion. Kawat gabion memiliki bentuk serupa susunan anyaman dan biasanya berfungsi sebagai karung untuk menampung batu atau untuk mengikat tumpukan kayu.

Fungsi Kawat Bronjong

Dengan bentuk seperti anyaman atau jala yang bisa menampung bebatuan dan mengikat kayu dengan kuat, maka penggunaan kawat bronjong banyak bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi, erosi, longsor tanah dan bebatuan di area tebing dan tepi sungai yang rawan terjadi longsor.

Selain itu, kawat bronjong juga biasanya diaplikasikan sebagai pelindung jembatan, pelindung jalur kereta api, pelindung gorong-gorong, penahan  tanah (Retaining walls) dan pemecah gelombang abrasi agar tidak menjadi besar.

Jenis Kawat Bronjong

Kawat ini memiliki 2 jenis tipe yang berasal dari material berbeda, yaitu Kawat galvanis (gabion) yang dilapisi oleh zinc dan kawat PVC yang dilapisi oleh plastik karet. Berikut adalah perbedaan kedua jenis kawat tersebut:

  1. Kawat galvanis merupakan kawat yang dilapisi oleh bahan anti karat yang menyerupai krom. Sehingga kawatbronjong jenis galvanis memiliki ketahanan yang tinggi terhadap  proses korosi.  Dalam pengaplikasiannya, kawat galvanis serin digunakan sebagai bahan pembuatan bronjong, kawat harmoni, dan kawat pagar berduri.
  2. Kawat PVC, seperti namanya, kawat ini memiliki bahan tamban yang berasal dari plastik semi karet dibagian luarnya. Pelapisan kawat menggunakan bahan plastik ini bertujuan untuk melindungi kawat dari korosi. Oleh karena itu, kawat PVC lebih unggul dibandingkan dengan kawat galvanis. Kawat PVC sering digunakan sebagai pembuatan kawat bronjong yang sering diaplikasikan di area laut.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp